RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : Madrasah Ibtidaiyah
Mata Pelajaran : Aqidah Akhlak
Kelas/Semester : II / 2
Alokasi Waktu : 2x40 menit (1 Kali pertemuan)
A. Standar Kompetensi
4. Memahami kalimat thayyibah (tasbih) dan
Al-Asma al-Husna (al Quddus, Ash Shomad, Al Muhaimin dan Al Badi’).
B. Komepetensi Dasar
4.1 Mengenal Allah melalui kalimat thayyibah
(tasbih)
C. Materi Pembelajaran
§ Pengertian
kalimat thayyibah tasbih
§ Penggunaan
kalimat tasbih
D. Metode Pembelajaran
§ Ceramah
: Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk
kegiatan awal.
§ Tanya
jawab tentang kalimat thayyibah tasbih
yang siswa ketahui
§ Diskusi
E. Langkah-langkah Pembelajaran
No
|
Uraian Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
Tujuan Pembelajaran :
§ Siswa
dapat menjelaskan tentang kalimat thayyibah tasbih secara individu
§ Siswa
dapat menjelaskan penggunaan kalimat tasbih
§ Siswa
dapat menjelaskan keistimewaan mengucapkan kalimat tasbih
Kegiatan awal :
Apersepsi :
Memberikan pertanyaan seputar kalimat thayyibah tasbih
Motivasi :
memberikan informasi tentang kalimat thayyibah tasbih
|
10
menit
|
2
|
Kegiatan inti :
§ Siswa
membaca literatur tentang kalimat
thayyibah tasbih (fase eksplorasi)
§ Bertanya
jawab tentang kalimat thayyibah tasbih,
(fase eksplorasi)
§ Siswa
diminta berdiskusi : menyebutkan kalimat thayyibah tasbih (fase
elaborasi)
§ Siswa
memaparkan hasil diskusinya (faseelaborasi)
§ Siswa
dan guru merefleksikan hasil pembelajaran (fase konfirmasi)
|
60 Menit
|
3
|
Kegiatan akhir :
§ Tanya
jawab tentang kalimat thayyibah tasbih
§ Guru
memberikan tugas untuk menghafal salah satu surat pendek sebagai pengamalan
|
10 menit
|
F. Sumber belajar dan media pembelajaran :
- Buku paket
- Lagu tasbih
- LKS
- Hasil kerja siswa
G.
Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
§ Menunujukkan
kalimat thayyibah tasbih
§ Mengartikan
kaimat tasbih
§ Menyebutkan
penggunaan kalimat tasbih
§ Menjelaskan
keistimewaan mengucapkan kalimat tasbih
§ Menunujukkan
perbuatan yang disarankan membaca tasbih
|
Tes tulis
Tes lisan
Non tes
|
Isian
Uraian
Performance
|
§ Jelaskan
arti kaimat tasbih!
§ Sebutkan
penggunaan kalimat hamdalah!
§ Jelaskan
keistimewaan mengucapkan kalimat tasbih!
|
Mengetahui,
Kepala Madrasah
Dian Utomo,
S.HI
NIP.
|
|
Semarang, 04 Desember
2015
Guru
Hadi Marsono, S.Pd.I
NIP.
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : Madrasah Ibtidaiyah
Mata Pelajaran : Aqidah Akhlak
Kelas/Semester : II / 2
Alokasi Waktu : 2x40 menit (1 Kali pertemuan)
A. Standar Kompetensi
4. Memahami kalimat thayyibah (tasbih) dan
Al-Asma al-Husna (al Quddus, Ash Shomad, Al Muhaimin dan Al Badi’).
B. Komepetensi Dasar
4.2 Mengenal Allah melalui sifat-sifat Allah yang
terkandung dalam Al-Asma Al-Husna (al Quddus, Ash Shomad, Al Muhaimin dan Al Badi’)
C. Materi Pembelajaran
§ Lafal
Al Quddus, Ash Shomad, Al Muhaimin dan Al Badi’
§ Arti
al Quddus, Ash Shomad, Al Muhaimin dan Al Badi’
§ Wujud
al Quddus, Ash Shomad, Al Muhaimin dan Al Badi’ Allah
D. Metode Pembelajaran
§ Ceramah
: Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk
kegiatan awal.
§ Tanya
jawab tentang kalimat thayyibah tasbih
yang siswa ketahui
§ Diskusi
E. Langkah-langkah Pembelajaran
No
|
Uraian Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
Tujuan Pembelajaran :
§ Siswa
dapat menjelaskan arti Al Quddus, Ash Shomad, Al Muhaimin dan Al Badi’
§ Siswa
dapat menjelaskan wujud Al Quddus, Ash Shomad, Al Muhaimin dan Al Badi’ Allah
melalui hasil ciptaan-Nya
Kegiatan awal :
Apersepsi :
Memberikan pertanyaan seputar kalimat thayyibah tasbih
Motivasi :
memberikan informasi tentang kalimat thayyibah tasbih
|
10
menit
|
2
|
Kegiatan inti :
§ Siswa
membaca literatur tentang kalimat
thayyibah tasbih (fase eksplorasi)
§ Bertanya
jawab tentang kalimat thayyibah tasbih,
(fase eksplorasi)
§ Siswa
diminta berdiskusi : menyebutkan kalimat thayyibah tasbih (fase
elaborasi)
§ Siswa
memaparkan hasil diskusinya (faseelaborasi)
§ Siswa
dan guru merefleksikan hasil pembelajaran (fase konfirmasi)
|
60 Menit
|
3
|
Kegiatan akhir :
§ Tanya
jawab tentang kalimat thayyibah tasbih
§ Guru
memberikan tugas untuk menghafal salah satu surat pendek sebagai pengamalan
|
10 menit
|
F. Sumber belajar dan media pembelajaran :
- Buku paket
- Kartu Al-Asma Al-Husna
- Lingkungan sekitar
- LKS
G.
Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
§ Melafalkan
4 Al-Asma Al-Husna al Quddus, Ash Shomad, Al Muhai-min dan Al Badi’
§ Mengartikan
4 Al-Asma Al-Husna al Quddus, Ash Shomad, Al Muhaimin dan Al Badi’
§ Menghafalkan
4 Al-Asma Al-Husna al Quddus, Ash Shomad, Al Muhaimin dan Al Badi’
§ Menunjukkan
contoh sederhana bahwa Allah memiliki sifat al Quddus, Ash Shomad, Al
Muhaimin dan Al Badi’ melalui hasil ciptaan-Nya
|
Tes lisan
Tes tulis
Non tes
Non tes
|
Isian
Uraian
Performance
|
§ Jelaskan
arti 4 Al-Asma Al-Husna al Quddus, Ash Shomad, Al Muhaimin dan Al Badi’!
§ Sebutkan
contoh sederhana bahwa Allah memiliki sifat al Quddus, Ash Shomad, Al
Muhaimin dan Al Badi’ melalui hasil ciptaan-Nya!
|
Mengetahui,
Kepala Madrasah
Dian Utomo,
S.HI
NIP.
|
|
Semarang, 04
Desember 2015
Guru
Hadi Marsono,
S.Pd.I
NIP.
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : Madrasah Ibtidaiyah
Mata Pelajaran : Aqidah Akhlak
Kelas/Semester : II / 2
Alokasi Waktu : 2x40 menit (1 Kali pertemuan)
A. Standar Kompetensi
5. Membiasakan akhlak terpuji
B. Komepetensi Dasar
5.1 Membiasakan bersifat jujur, rajin dan percaya
diri.
C. Materi Pembelajaran
§ Pengertian
sifat jujur, rajin dan percaya diri
§ Ciri-ciri orang yang memiliki sifat jujur, rajin dan
percaya diri
D. Metode Pembelajaran
§ Ceramah
: Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk
kegiatan awal.
§ Tanya
jawab tentang akhlak terpuji
yang siswa ketahui
§ Diskusi
E. Langkah-langkah Pembelajaran
No
|
Uraian Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
Tujuan Pembelajaran :
§ Siswa
dapat menjelaskan tentang arti Jujur, rajin dan Percaya diri
§ Siswa
mendata perbuatan yang termasuk sikap Syukur nikmat, hidup sederhana, dan
rendah hati
§ Siswa
dapat menjelaskan tentang ciri-ciri
orang yang memiliki sifat Jujur, rajin dan Percaya diri
Kegiatan awal :
Apersepsi :
Memberikan pertanyaan seputar akhlak terpuji
Motivasi :
memberikan informasi tentang akhlak terpuji
|
10
menit
|
2
|
Kegiatan inti :
§ Siswa
membaca literatur tentang akhlak
terpuji (fase eksplorasi)
§ Bertanya
jawab tentang akhlak terpuji,
(fase eksplorasi)
§ Siswa
diminta berdiskusi : menyebutkan kalimat thayyibah tasbih (fase
elaborasi)
§ Siswa
memaparkan hasil diskusinya (faseelaborasi)
§ Siswa
dan guru merefleksikan hasil pembelajaran (fase konfirmasi)
|
60 Menit
|
3
|
Kegiatan akhir :
§ Tanya
jawab tentang akhlak terpuji
§ Guru
memberikan tugas untuk menghafal salah satu surat pendek sebagai pengamalan
|
10 menit
|
F. Sumber belajar dan media pembelajaran :
- Buku paket
- Perilaku teman
- TTS
- Pemodelan siswa
- Perilaku diri sendiri dan teman
- LKS
G.
Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
§ Menjelaskan
pengertian jujur, rajin dan percaya diri
§ Menyebutkan
contoh sifat Jujur, rajin dan percaya diri
§ Menyebutkan
cirri-ciri orang yang memiliki sifat
jujur, rajin dan percaya diri
§ Menjelaskan
keuntungan memiliki sifat jujur, rajin dan percaya diri bagi dirinya maupun
orang lain
§ Menjelaskan
akibat tidak memiliki sifat Jujur, rajin dan Percaya diri
§ Menunjukkan
sikap jujur, rajin dan percaya diri
|
Tes lisan
Tes tulis
Non tes
Non tes
|
Isian
Uraian
Performance
|
§ Jelaskan
arti pengertian jujur, rajin dan percaya diri!
§ Sebutkan
cirri-ciri orang yang memiliki sifat
jujur, rajin dan percaya diri!
|
Mengetahui,
Kepala Madrasah
Dian Utomo,
S.HI
NIP.
|
|
Semarang, 04
Desember 2015
Guru
Hadi Marsono,
S.Pd.I
NIP.
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : Madrasah Ibtidaiyah
Mata Pelajaran : Aqidah Akhlak
Kelas/Semester : II / 2
Alokasi Waktu : 2x40 menit (1 Kali pertemuan)
A. Standar Kompetensi
5. Membiasakan akhlak terpuji
B. Komepetensi Dasar
5.2 Membiasakan berakhlak baik ketika belajar,
mengaji, dan bermain da-lam kehi-dupan sehari-hari
C. Materi Pembelajaran
§ Adab
ketika belajar dan mengaji
§ Do’a
ketika akan belajar dan mengaji
§ Do’a
ketika selesai belajar dan mengaji
§ Adab
ketika bermain
§ Manfaat
beradab secara Islami ketika Belajar, mengaji, dan bermain
§ Akibat
tidak beradab secaa Islami ketika Belajar, mengaji, dan bermain
D. Metode Pembelajaran
§ Ceramah
: Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk
kegiatan awal.
§ Tanya
jawab tentang akhlak terpuji
yang siswa ketahui
§ Diskusi
E. Langkah-langkah Pembelajaran
No
|
Uraian Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
Tujuan Pembelajaran :
§ Siswa
dapat menjelaskan tentang adab belajar dan mengaji
§ Siswa
dapat menghafal do’a ketika akan dan selesai belajar dan mengaji
§ Siswa
dapat menjelaskan tentang adab ketika bermain
§ Siswa
dapat menjelaskan manfaat berakhlak baik ketika belajar, mengaji, dan bermain
§ Siswa
dapat menjelaskan akibat tidak berakhlak baik ketika belajar, mengaji, dan
bermain
Kegiatan awal :
Apersepsi :
Memberikan pertanyaan seputar akhlak terpuji
Motivasi :
memberikan informasi tentang akhlak terpuji
|
10
menit
|
2
|
Kegiatan inti :
§ Siswa
membaca literatur tentang akhlak
terpuji (fase eksplorasi)
§ Bertanya
jawab tentang akhlak terpuji,
(fase eksplorasi)
§ Siswa
diminta berdiskusi : menyebutkan akhlak terpuji (fase elaborasi)
§ Siswa
memaparkan hasil diskusinya (faseelaborasi)
§ Siswa
dan guru merefleksikan hasil pembelajaran (fase konfirmasi)
|
60 Menit
|
3
|
Kegiatan akhir :
§ Tanya
jawab tentang akhlak terpuji
§ Guru
memberikan tugas untuk menghafal salah satu surat pendek sebagai pengamalan
|
10 menit
|
F. Sumber belajar dan media pembelajaran :
- Buku paket
- Pengalaman siswa
- Pemodelan
- TTS
- LKS
G.
Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
§ Menyebutkan
adab ketika belajar dan mengaji
§ Menyebutkan
adab ketika bermain
§ Menyebutkan
do’a sebelum mengaji dan belajar
§ Menyebutkan
do’a setelah mengaji dan belajar
§ Menjelaskan
manfaat beradab secara Islami ketika Belajar, mengaji, dan bermain
§ Menjelaskan
akibat tidak beradab secaa Islami ketika Belajar, mengaji, dan bermain
|
Tes lisan
Tes tulis
Non tes
|
Isian
Uraian
Performance
|
§ Sebutkan
adab ketika belajar dan mengaji!
§ Jelaskan
manfaat beradab secara Islami ketika Belajar, mengaji, dan bermain!
|
Mengetahui,
Kepala Madrasah
Dian Utomo,
S.HI
NIP.
|
|
Semarang, 04
Desember 2015
Guru
Hadi Marsono,
S.Pd.I
NIP.
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Sekolah : Madrasah Ibtidaiyah
Mata Pelajaran : Aqidah Akhlak
Kelas/Semester : II / 2
Alokasi Waktu : 2x40 menit (1 Kali pertemuan)
A. Standar Kompetensi
6. Menghindari akhlak tercela
B. Komepetensi Dasar
6.1
Menghindari sifat malas melalui kisah
masa remaja Nabi Muhammad SAW
C. Materi Pembelajaran
§ Arti
sifat malas
§ Kisah
masa kecil Nabi Muhammad SAW
§ Cara
menghindari perbuatan malas
D. Metode Pembelajaran
§ Ceramah
: Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk
kegiatan awal.
§ Tanya
jawab tentang akhlak terpuji
yang siswa ketahui
§ Diskusi
E. Langkah-langkah Pembelajaran
No
|
Uraian Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
Tujuan Pembelajaran :
§ Siswa
dapat menjelaskan tentang arti sifat malas
§ Siswa
dapat menunjukkan contoh perbuatan malas melalui kerja berpasangan
Kegiatan awal :
Apersepsi :
Memberikan pertanyaan seputar akhlak tercela
Motivasi :
memberikan informasi tentang akhlak tercela
|
10
menit
|
2
|
Kegiatan inti :
§ Siswa
membaca literatur tentang akhlak tercela (fase eksplorasi)
§ Bertanya
jawab tentang akhlak tercela, (fase eksplorasi)
§ Siswa
diminta berdiskusi : menyebutkan akhlak tercela (fase elaborasi)
§ Siswa
memaparkan hasil diskusinya (faseelaborasi)
§ Siswa
dan guru merefleksikan hasil pembelajaran (fase konfirmasi)
|
60 Menit
|
3
|
Kegiatan akhir :
§ Tanya
jawab tentang akhlak tercela
§ Guru
memberikan tugas untuk menghafal salah satu surat pendek sebagai pengamalan
|
10 menit
|
F. Sumber belajar dan media pembelajaran :
- Buku paket
- Lagu katak yang sombong
- Pemodelan dari temannya
- LKS
G.
Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
§ Mengartikan
sifat malas
§ Menceritakan
kisah masa remaja Nabi Muhammad s.a.w
§ Menunjukkan
contoh perbuatan malas
§ Menjelaskan
cara menghindari perbuatan malas
§ Menjelaskan
akibat memiliki sifat malas
|
Tes lisan
Tes tulis
Non tes
|
Isian
Uraian
Performance
|
§ Jelaskan
sifat malas!
§ Sebutkan
contoh perbuatan malas!
§ Jelaskan
akibat memiliki sifat malas!
|
Mengetahui,
Kepala Madrasah
Dian Utomo,
S.HI
NIP.
|
|
Semarang, 04
Desember 2015
Guru
Hadi Marsono,
S.Pd.I
NIP.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar