Kamis, 07 Januari 2016

manajemen paud



KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT, atas rahmat-Nya, penulis dapat menyelesaikan lpenelitian yang terkait dengan manajmen PAUD. Karena salah satu upaya peningkatan kualitas manusia di Indonesia dalam membangun masa depan bangsa yaitu PAUD ( Pendidikan Anak Usia Dini). Berbagai cara harus dilakukan untuk meningkatkan kualitas PAUD yang ada sekarang ini.
Hal-hal yang perlu ditingkatkan untuk meningkatkan kualitas PAUD tersebut bisa melalui peningkatan kualitas pendidik, pembelajrannya yang berorientasi pada perubahan zaman .
Dalam penulisan makalah ini, penulis merasa masih banyak kekurangan-kekurangan baik pada teknis penulisan maupun materi, mengingat akan kemampuan yang dimiliki penulis. Untuk itu, kritik dan saran yang membangun  dari semua pihak sangat penulis harapkan demi penyempurnaan pembuatan makalah ini.
Disadari bahwa laporan ini tidak mungkin terwujud tanpa bantuan dari berbagai pihak. Maka dari itu penulis mengucapkan terimakasih yang takterhingga kepada pihak-pihak yang membantu dalam menyelesaikan laporan hasil penelitian ini.


                                                                        Semarang, 28 Desember 2015
                                                                        Penyusun


                                                                        Muntafi’ah
I.                   PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Masalah
Tahun-tahun pertama kehidupan anak merupakan kurun waktu yang sangat penting dan kritis dalam hal tumbuh kembang fisik, mental, dan psikososial, yang berjalan sedemikian cepatnya sehingga keberhasilan tahun-tahun pertama untuk sebagian besar menentukan masa depan anak. Kelainan atau penyimpangan apapun apabila tidak diintervensi secara dini dengan baik pada saatnya, dan tidak terdeteksi secara nyata mendapatkan perawatan yang bersifat purna yaitu promotif, preventif, dan rehabilitative akan mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak selanjutnya.
Penyelenggaraan pendidikan pada anak usia dini di Negara maju telah berlangsung lama sebagai bentuk pendidikan yang berbasis masyarakat, akan tetapi gerakan untuk menggalakkan pendidikan ini di Indonesia baru muncul beberapa tahun terakhir. Hal ini didasarkan akan pentingnya pendidikan untuk anak usia dini dalam menyiapkan manusia Indonesia seluruhnya. Namun sejauh ini jangkauan pendidikan anak usia dini sudah mulai meningkat baik dari segi jumlah maupun aksebilitasnya.
Melihat akan pentingnya pendidikan anak usia dini bagi kelangsungan bangsa, maka pemerintah perlu memberikan perhatian serius untuk melakukan perbaikan-perbaikan yang mengarah pada kemajuan pendidikan anak usia dini baik dari segi akademiknya maupun administrasinya. Karena pendidikan anak usia dini merupakan strategi pembangunan sumber daya manusia untuk membentuk karakter bangsa dan kehandalan SDMnya.
B.     Rumusan Masalah
1.      Bagaimana Teknik Pembentukan lembaga PAUD?
2.      Bagaimana Cara Penentuan Tempat dan dukungan lingkungan?
3.      Bagaimana Cara Pengelompokan Anak?
4.      Bagaimana Cara Penyiapan Tempat dan Perabotan?
5.      Bagaimana Cara Penyiapan Alat Peraga yang Edukatif?
6.      Bagaimana Cara Pembekalan Pendidik dan pengelolaannya?
7.      Bagaimana Cara Penyiapan Buku Administrasi?
8.      Bagaiman contoh Kalender pendidikan?
9.      Bagaiman Cara penyusunan Rencana Pembiayaan?
10.  Bagaimana Pendaftaran Calon Peserta Didik?

C.     Tujuan Penelitian
1.      Untuk mengetahui cara pembentukan PAUD dan apa saja yang perlu dipersiapkan
2.      Untuk mengetahui apa saja yang perlu dipersiapkan saat akan melaksanakan pembelajaran
3.      Untuk mengetahui bekal apa saja yang harus diberikan untuk pendidik
4.      Untuk mengetahui cara menarik peserta didik supaya sekolah di PAUD yang telah didirikan

D.    Manfaat Penelitian
1.      Menambah wawasan peneliti
2.      Melatih cara berfikir secara ilmiah

II.                METODOLOGI
A.    Lokasi Penelitian
Lokasi Penelitian adalah tempat dilakukannya penelitian. Dilaksanakan di PAUD Himawari
B.     Waktu Penelitian
Waktu penelitian dilakukan pada bulan November sampai pertengahan Desember
C.     Sumber Data
1.      Tempat, yaitu tempat dilakukannya aktifitas penelitian
2.      Aktifitas, yaitu kegiatan melakukan penelitian
3.      Informan, yaitu objek tempat memperoleh data
D.    Teknik Pengumpulan Data
1.      Observasi dengan melakukan penelitian terhadap aktifitas yang dilakuakan di PAUD.
2.      Wawancara, dengana wawancara kepada kepala sekolah untuk mencari data.

III.             PEMBAHASAN
A.    Teknik Pembentukan lembaga PAUD

Sebelum mendirikan PAUD kita harus mempersiapkan terlebih dahulu apa saja yang diperlukan dalam pembentukan lembaga PAUD. Berdasarkan penelitian yang kami lakukan di salah satu lembaga PAUD yang bernama PAUD Himawari menyatakan bahwa di dalam teknik pembentukan lembaga PAUD yang perlu dipersiapkan antara lain:
1.      Akta Notaris
2.      Studi Lingkungan, di dalam studi lingkungan ini harus memerhatikan lingkungan sekitar, apakah diperlukan apa tidak lembaga PAUD jika didirikan ditempat tersebut, selain itu juga harus memperhatikan salah satu syarat dari Dinas Pendidikan, ketika mendirikan lembaga PAUD minimal jarak antara lembaga harus 500 M.
3.      Izin Operasional lewat Dinas Pendidikan. Izin operasional ini harus benar-benar diperhatikan karena setiap lembaga pendidikan yang akan didirikan itu harus mendapat izin operasional dari pemerintah.

B.     Cara Penentuan Tempat dan dukungan lingkungan
Cara penentuan tempat yang paling baik adalah tidak terlalu jauh dengan jalan raya dan tidak terlalu dekat jalan raya. Agar masyarakat bisa menjangkaunya, disamping itu lembaga harus bisa membangun kepercayaan masyarakat, dalam membangun kepercayaan masyarakat ini memerlukan waktu yang lama minimal 1 tahun, hal itu bisa dilakukan mungkin dengan memperbaiki fasilitas yang ada, pembelajaran yang berbeda dengan lembaga lain, tenaga pendidik dan kependidikan yang handal dan tangguh.
Untuk dukungan lingkungan, sebelumnya bisa lapor ke RT maupun RW setempat bahwa diwilayah tersebut akan didirikan lembaga PAUD, selain itu lembaga juga bisa membuat acara semacam pengajian umum supaya masyarakat mengenal lembaga tersebut dan bisa berinteraksi langsung dengan masyarakat.

C.     Cara Pengelompokan Anak
Cara pengelompokan disesuaikan dengan usia anak, untuk yang berusia 3-4 tahun masuk di Play Group, 4-5 tahun masuk di TK A dan untuk yang 5-6 tahun masuk di TK B. untuk metode kegiatan/ bermainnya  menggunakan sentra. Di lembaga PAUD Himawari ada beberapa sentara yang digunakan antara lain: sentra balok, persiapan/ raidiness, seni, bahan alam cair, peran, religi dan masak. Khusus sentra masak  diperuntukkan untuk usia 5-6 tahun yang bisa dilakukan di dapur sekolah.
D.    Cara Penyiapan Tempat dan Perabotan
Untuk tempat dan perabotan pembelajaran sudah dipersiapkan dengan baik di PAUD Himawari, tempat pembelajarannya berpindah-pindah disesuaikan dengan sentra pembelajaran pada hari itu, untuk anak didiknya sudah diberitahu terlebih dahulu sebelum pembelajaran keesokan harinya. Bagi peserta didik TPA sudah dipersiapkan kamar tidur yang digunakan untuk istirahat siang dan dipersiapan makanan selama anak tingga di PAUD tersebut.
Sedangkan Perabotan yang mendukung proses pembelajaran sudah tertata rapi pada masing-masing sentra yang sudah disediakan sekolah tersebut.
E.     Cara Penyiapan Alat Peraga yang Edukatif

Semua alat peraga yang digunakan dalam pembelajaran di PAUD Himawari adalah edukatif baik indoor maupun outdoor, karena di PAUD tersebut sudah diterapkan model Sentra. Contohnya saja sentra masak yang ditempatkan di dapur sekolah, di dalam pembelajaran masak itu disamping anak di ajari masak, berhitung, dan membedakan warna.

F.      Cara Pembekalan Pendidik dan pengelolaannya

PAUD Himawari menerima pendidik yang tidak berpendidikan Sarjana Pendidikan PAUD akan tetapi yang diterima adalah orang yang berpendidikan Sekolah Menengah Atas atau sederajat yang sudah pernah kursus tentang pendidikan PAUD sehingga lebih siap pakai di lapangan.
Untuk meningkatkan kualitas guru, Himawari melakukan hal-hal berikut, antara lain:
1.      Meningkatkan SDM-nya dengan cara menganjurkan guru kuliah jurusan PAUD di Universitas Terbuka
2.      Mengirim guru-guru untuk mengikuti pelatihan Anak Usia Dini/ Workshop yang ada kaitannya dengan pembelajaran

G.    Cara Penyiapan Buku Administrasi

Di dalam lembaga pendidikan buku administrasi sangat diperlukan, sebagai tempat data-data penting sekolah, demikian halnya di lembaga pendidikan PAUD Himawari juga memiliki beberapa buku administrasi, antara lain sebagai berikut:
1.      Data anak dan Orangtua digunakan untuk mendata anak didik beserta orangtuanya.
2.      Data guru digunaka untuk mendata semua guru, baik guru Play Group, Taman Kanak-kanak kelompok A dan Taman Kanak-kanak kelompok B.
3.      Data keuangan digunakan untuk mendata semua keuangan, baik pengeluaran maupun pemasukan, data tersebut harus jelas dari mana saja pemasukannya, digunakan untuk apa saja, kemudian masih sisa berapa harus jelas
4.      Laporan untuk Dinas Pendidikan
Setiap beberapa bulan sekali lembaga pendidikan harus melaporkan perkembangannya kepda Dinas pendidikan terkait
5.      Laporan Supervisi
Di dalam lembaga pendidikan itu ada yang namanya buku supervisi (pengawas), semua kegiatan guru dan tenaga kependidikan selalu dipantau oleh kepala sekolah selaku supervisor internal, kepala sekolah bertanggungjawab penuh terhadap kerja guru dan tenaga kependidikan. Jika terdapat kesalahan pada kinerjanya maka kepala sekolah harus mensupervisi. Untuk supervisor eksternalnya adalah pengawas yang ada di daerah masing-masing yang akan mengawasi semua pelaku pembelajaran yang ada disekolah
6.      Laporan Bulanan
7.      Buku Pindah, Keluar dan Masuk digunakan untuk laporan anak didik yang pindah, keluar dan masuk sehingga sekolah mengetahui jumlah anak didiknya

H.     Kalender pendidikan




I.       Cara penyusunan Rencana Pembiayaan dengan cara inklut pada anggaran setiap bulan dan tahunan.

J.       Pendaftaran Calon Peserta Didik

Untuk pendaftaran calon peserta didik itu setiap tahunnya dibuka, di PAUD Himawari dikelompokkan menjadi 3 kelompok, antara lain: Play Group usia 3-4 tahun, Taman Kanak-kanak kelompok A usia 4-5 tahun, dan Taman kanak-kanak kelompok B usia 5-6 tahun. Di samping itu di PAUD Himawari juga membuka TPA ( Tempat Penitipan Anak) yang setiap harinya diasuh oleh guru PAUD.

IV.             LAMPIRAN
A.    RPPM
B.     RPPH


















V.                KESIMPULAN
A.    Kesimpulan
Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa pendidikan anak usia dini itu diperlukan, karena pada masa itu anak mengalami perkembangan pesat dari mulai fisik, mental dan lain sebagainya. Mengingat pentingnya hal terssebut maka diperlukan perbaikan-perbaikan terkait pembentukan lembaga PAUD, proses pembelajaran yang perlu disiapkan dan apa saja yang diperlukan untuk mendukung terlaksananya pembelajaran yang baik.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar