Kamis, 07 Januari 2016

RPP k 13



BUKU GURU AKIDAH AKHLAK
PENDEKATAN SAINTIFIK
KURIKULUM 2013
MADRASAH IBTIDAIYAH

KOMPETENSI INTI (KI)
KOMPETENSI DASAR (KD)
4
Memahami kalimat thayyibah (tasbih) dan Al-Asma al-Husna (al    Quddus, Ash Shomad, Al Muhaimin dan Al Badi’)
4.1


4.2
Mengenal Allah melalui kalimat thayyibah (tasbih)

Mengenal Allah melalui sifat sifat Allah yang terkandung dalam Al-Asma Al-Husna (al Quddus, Ash Shomad, Al Muhaimin dan Al Badi’)

5
Membiasakan Akhlak Terpuji
5.1

5.2
Membiasakan bersifat jujur, rajin dan percaya diri.
Membiasakan berakhlak baik ketika belajar, mengaji, dan bermain dalam kehidupan sehari-hari
6
Menghindari Akhlak Tercela
6.1
Menghindari sifat malas melalui kisah masa remaja Nabi Muhammad SAW






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
                                                (RPP)


Nama Sekolah                 : Madrasah Ibtidaiyah
Mata Pelajaran                : Aqidah Akhlak
Kelas/Semester                 : II / 2
Alokasi Waktu                 : 4x40 menit (II Kali pertemuan)

1.        KOMPETENSI INTI (KI)
KI-4. Memahami kalimat thayyibah (tasbih) dan Al-Asma al-Husna (al    Quddus, Ash Shomad, Al Muhaimin dan Al Badi’).
2.        KOMPETENSI DASAR (KD)
4.1  Mengenal Allah melalui kalimat thayyibah (tasbih)
4.2  Mengenal Allah melalui sifat-sifat Allah yang terkandung dalam Al-Asma Al-Husna (al Quddus, Ash Shomad, Al Muhaimin dan Al Badi’)
3.    INDIKATOR
§  Menunujukkan kalimat thayyibah tasbih
§  Mengartikan kaimat tasbih
§  Menyebutkan penggunaan kalimat tasbih
§  Menjelaskan keistimewaan mengucapkan kalimat tasbih
§  Menunujukkan perbuatan yang disarankan membaca tasbih
§  Melafalkan 4 Al-Asma Al-Husna al Quddus, Ash Shomad, Al Muhai-min dan Al Badi’
§  Mengartikan 4 Al-Asma Al-Husna al Quddus, Ash Shomad, Al Muhaimin dan Al Badi’
§  Menghafalkan 4 Al-Asma Al-Husna al Quddus, Ash Shomad, Al Muhaimin dan Al Badi’
§  Menunjukkan contoh sederhana bahwa Allah memiliki sifat al Quddus, Ash Shomad, Al Muhaimin dan Al Badi’ melalui hasil ciptaan-Nya

4.        TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan peserta didik mampu:
§  Siswa dapat menjelaskan tentang kalimat thayyibah tasbih secara individu
§  Siswa dapat menjelaskan penggunaan kalimat tasbih
§  Siswa dapat menjelaskan keistimewaan mengucapkan kalimat tasbih
§  Siswa dapat menjelaskan arti Al Quddus, Ash Shomad, Al Muhaimin dan Al Badi’
§  Siswa dapat menjelaskan wujud Al Quddus, Ash Shomad, Al Muhaimin dan Al Badi’ Allah melalui hasil ciptaan-Nya
5.        MATERI POKOK
§  Pengertian kalimat thayyibah tasbih
§  Penggunaan kalimat tasbih
§  Lafal Al Quddus, Ash Shomad, Al Muhaimin dan Al Badi’
§  Arti al Quddus, Ash Shomad, Al Muhaimin dan Al Badi’
§  Wujud al Quddus, Ash Shomad, Al Muhaimin dan Al Badi’ Allah
6.        PROSES PEMBELAJARAN
Pembukaan
§  Guru membuka pelajaran dengan mengucap salam kepada para siswa dan menyapa mereka penuh kehangatan.
§  Guru bertanya kepada peserta didik tentang kondisi siswa pada pagi hari ini apakah baik-baik saja atau ada yang sedang tidak enak badan.
§   Guru mengajak bermain tepuk untuk mencairkan suasana agar lebih semangat.
§  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
Kegiatan Inti
§  Siswa membaca literatur tentang kalimat thayyibah tasbih (fase eksplorasi)
§  Bertanya jawab tentang kalimat thayyibah tasbih, (fase eksplorasi)
§  Siswa diminta berdiskusi :  menyebutkan kalimat thayyibah tasbih (fase elaborasi)
§  Siswa memaparkan hasil diskusinya (faseelaborasi)
§  Siswa dan guru merefleksikan hasil pembelajaran (fase konfirmasi)


Penutup
§  Peserta didik dengan bantuan guru diajak untuk membuat kesimpulan berkaitan dengan materi kalimat thayyibah tasbih
§  Guru bersama siswa menutup proses pembelajaran dengan mengucap  hamdalah bersama.
7.        PENILAIAN
Pedoman Penilaian: Setiap jawaban betul mendapatkan skor 20. Jadi jika semua soal bisa dikerjakan dengan benar maka poin yang diperoleh sebanyak 100. Siswa diminta berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran tersebut. Siswa yang berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran mendapat nilai sesuai dengan perannya.
Kolom keaktifan siswa dalam pembelajaran
No
Nama Siswa
Sangat Aktif
Cukup Aktif
Tidak Aktif
1




2




3




4




5




dst





Rubrik penilaian:
1.    Siswa yang sangat aktif mendapat nilai 90.
2.    Siswa yang cukup aktif mendapat nilai 80.
3.    Siswa yang sangat tidak aktif mendapat nilai 70.
Keterangan:
1.    Nilai 90 jika selama proses pembelajaran selalu menyampaikan pendapat. Hal ini ditandai dengan selalu mengangkat tangan untuk menjawabnya.
2.    Nilai 80 jika selama proses pembelajaran kadang-kadang menyampaikan pendapat. Hal ini ditandai dengan terkadang ia mengangkat tangan untuk menjawab atau merespon pertanyaan atau pernyataan dari guru.
3.    Nilai 70 jika selama proses pembelajaran dia tidak aktif bertanya maupun mengajukan jawaban.
8.        PENGAYAAN
Bagi peserta didik yang sudah menguasai materi pembelajaran, diminta untuk mengerjakan materi pengayaan yang sudah disiapkan oleh guru. (Guru mencatat dan memberikan tambahan nilai bagi peserta didik yang berhasil dalam pengayaan).
9.        REMEDIAL
Bagi peserta didik yang belum mencapai ketuntasan belajar, guru sebaiknya mengidentifikasi tujuan pembelajaran belum dikuasai oleh peserta didik. Berdasar identifikasi itu, guru menyampaikan pembelajaran ulang yang sudah fokus pada materi yang dianggap sulit oleh peserta didik. Pelaksanaan remedial dilakukan pada hari dan waktu tertentu yang sesuai dengan keadaan, contoh: pada saat jam belajar (apabila masih ada waktu), diluar jam pembelajaran (30 menit setelah jam belajar selesai).
10.    INTERAKSI GURU DENGAN ORANGTUA
Kegitan belajar peserta didik di madrasah sebaiknya dikomunikasikan kepada orang tua/wali murid. Komunikasi ini bertujuan untuk memberikan laporan kegiatan belajar yang telah dialami oleh peserta didik. Bentuk komunikasi ini dapat dilakukan dengan cara pihak madrasah menyediakan buku penghubung. Peserta didik diminta memperlihatkan “komentar guru” yang ada pada buku penghubung kepada orang tua/wali murid, dan orang tua/wali murid memberikan komentar balik serta membubuhkan paraf sebagai tanda telah diketahui oleh orang tua/wali murid.








Mengetahui,
Kepala Madrasah





Dian Utomo, S.HI
NIP.

Semarang, 04 Desember 2015
Guru





 Hadi Marsono, S.Pd.I
 NIP.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
                                                (RPP)

Nama Sekolah                 : Madrasah Ibtidaiyah
Mata Pelajaran                : Aqidah Akhlak
Kelas/Semester                 : II / 2
Alokasi Waktu                 : 4x40 menit (1I Kali pertemuan)

1.        KOMPETENSI INTI (KI)
KI-5. Membiasakan Akhlak Terpuji
2.        KOMPETENSI DASAR
5.1 Membiasakan bersifat jujur, rajin dan percaya diri.
5.2  Membiasakan berakhlak baik ketika belajar, mengaji, dan bermain dalam kehidupan sehari-hari
3.    INDIKATOR
§  Menjelaskan pengertian jujur, rajin dan percaya diri
§  Menyebutkan contoh sifat Jujur, rajin dan percaya diri
§  Menyebutkan cirri-ciri  orang yang memiliki sifat jujur, rajin dan percaya diri
§  Menjelaskan keuntungan memiliki sifat jujur, rajin dan percaya diri bagi dirinya maupun orang lain
§  Menjelaskan akibat tidak memiliki sifat Jujur, rajin dan Percaya diri
§  Menunjukkan sikap jujur, rajin dan percaya diri
§  Menyebutkan adab ketika belajar dan mengaji
§  Menyebutkan adab ketika bermain
§  Menyebutkan do’a sebelum mengaji dan belajar
§  Menyebutkan do’a setelah mengaji dan belajar
§  Menjelaskan manfaat berdab secara Islami ketika Belajar, mengaji, dan bermain
§  Menjelaskan akibat tidak beradab secaa Islami ketika Belajar, mengaji, dan bermain
4.        TUJUAN PEMBELAJARAN     
§  Siswa dapat menjelaskan tentang arti Jujur, rajin dan Percaya diri
§  Siswa mendata perbuatan yang termasuk sikap Syukur nikmat, hidup sederhana, dan rendah hati
§  Siswa dapat menjelaskan tentang ciri-ciri  orang yang memiliki sifat Jujur, rajin dan Percaya diri
§  Siswa dapat menjelaskan tentang adab belajar dan mengaji
§  Siswa dapat menghafal do’a ketika akan dan selesai belajar dan mengaji
§  Siswa dapat menjelaskan tentang adab ketika bermain
§  Siswa dapat menjelaskan manfaat berakhlak baik ketika belajar, mengaji, dan bermain
§  Siswa dapat menjelaskan akibat tidak berakhlak baik ketika belajar, mengaji, dan bermain
5.        MATERI POKOK
§  Pengertian sifat jujur, rajin dan percaya diri
§  Ciri-ciri  orang yang memiliki sifat jujur, rajin dan percaya diri
§  Adab ketika belajar dan mengaji
§  Do’a ketika akan belajar dan mengaji
§  Do’a ketika selesai belajar dan mengaji
§  Adab ketika bermain
§  Manfaat beradab secara Islami ketika Belajar, mengaji, dan bermain
§  Akibat tidak beradab secaa Islami ketika Belajar, mengaji, dan bermain
6.        PROSES PEMBELAJARAN
Pembukaan
§  Guru membuka pelajaran dengan mengucap salam kepada para siswa dan menyapa mereka penuh kehangatan.
§  Guru bertanya kepada peserta didik tentang kondisi siswa pada pagi hari ini apakah baik-baik saja atau ada yang sedang tidak enak badan.
§   Guru mengajak bermain tepuk untuk mencairkan suasana agar lebih semangat.
§  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
Kegiatan Inti
§  Siswa membaca literatur tentang kalimat thayyibah tasbih (fase eksplorasi)
§  Bertanya jawab tentang kalimat thayyibah tasbih, (fase eksplorasi)
§  Siswa diminta berdiskusi :  menyebutkan kalimat thayyibah tasbih (fase elaborasi)
§  Siswa memaparkan hasil diskusinya (faseelaborasi)
§  Siswa dan guru merefleksikan hasil pembelajaran (fase konfirmasi)
Penutup
§  Peserta didik dengan bantuan guru diajak untuk membuat kesimpulan berkaitan dengan materi kalimat thayyibah tasbih
§  Guru bersama siswa menutup proses pembelajaran dengan mengucap  hamdalah bersama.
7.        PENILAIAN
Pedoman Penilaian: Setiap jawaban betul mendapatkan skor 20. Jadi jika semua soal bisa dikerjakan dengan benar maka poin yang diperoleh sebanyak 100. Siswa diminta berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran tersebut. Siswa yang berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran mendapat nilai sesuai dengan perannya.
Kolom keaktifan siswa dalam pembelajaran.
No
Nama Siswa
Sangat Aktif
Cukup Aktif
Tidak Aktif
1




2




3




4




5




dst





Rubrik penilaian:
1.    Siswa yang sangat aktif mendapat nilai 90.
2.    Siswa yang cukup aktif mendapat nilai 80.
3.    Siswa yang sangat tidak aktif mendapat nilai 70.
Keterangan:
1.    Nilai 90 jika selama proses pembelajaran selalu menyampaikan pendapat. Hal ini ditandai dengan selalu mengangkat tangan untuk menjawabnya.
2.    Nilai 80 jika selama proses pembelajaran kadang-kadang menyampaikan pendapat. Hal ini ditandai dengan terkadang ia mengangkat tangan untuk menjawab atau merespon pertanyaan atau pernyataan dari guru.
3.    Nilai 70 jika selama proses pembelajaran dia tidak aktif bertanya maupun mengajukan jawaban.
8.        PENGAYAAN
Bagi peserta didik yang sudah menguasai materi pembelajaran, diminta untuk mengerjakan materi pengayaan yang sudah disiapkan oleh guru. (Guru mencatat dan memberikan tambahan nilai bagi peserta didik yang berhasil dalam pengayaan).
9.        REMEDIAL
Bagi peserta didik yang belum mencapai ketuntasan belajar, guru sebaiknya mengidentifikasi tujuan pembelajaran belum dikuasai oleh peserta didik. Berdasar identifikasi itu, guru menyampaikan pembelajaran ulang yang sudah fokus pada materi yang dianggap sulit oleh peserta didik. Pelaksanaan remedial dilakukan pada hari dan waktu tertentu yang sesuai dengan keadaan, contoh: pada saat jam belajar (apabila masih ada waktu), diluar jam pembelajaran (30 menit setelah jam belajar selesai).
10.    INTERAKSI GURU DENGAN ORANGTUA
Kegitan belajar peserta didik di madrasah sebaiknya dikomunikasikan kepada orang tua/wali murid. Komunikasi ini bertujuan untuk memberikan laporan kegiatan belajar yang telah dialami oleh peserta didik. Bentuk komunikasi ini dapat dilakukan dengan cara pihak madrasah menyediakan buku penghubung. Peserta didik diminta memperlihatkan “komentar guru” yang ada pada buku penghubung kepada orang tua/wali murid, dan orang tua/wali murid memberikan komentar balik serta membubuhkan paraf sebagai tanda telah diketahui oleh orang tua/wali murid


Mengetahui,
Kepala Madrasah





Dian Utomo, S.HI
NIP.

Semarang, 04 Desember 2015
Guru





 Hadi Marsono, S.Pd.I
 NIP.



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
                                                (RPP)

Nama Sekolah                 : Madrasah Ibtidaiyah
Mata Pelajaran                : Aqidah Akhlak
Kelas/Semester                 : II / 2
Alokasi Waktu                 : 2x40 menit (1 Kali pertemuan)


1.        KOMPETENSI INTI (KI)
KI-6  Menghindari Akhlak Tercela
2.        KOMPETENSI DASAR (KD)
6.1  Menghindari sifat malas melalui kisah masa remaja Nabi Muhammad SAW
3.    INDIKATOR
§  Mengartikan sifat malas
§  Menceritakan kisah masa remaja Nabi Muhammad s.a.w
§  Menunjukkan contoh perbuatan malas
§  Menjelaskan cara menghindari perbuatan malas
§  Menjelaskan akibat memiliki sifat malas
4.    TUJUAN PEMBELAJARAN
§  Siswa dapat menjelaskan tentang arti sifat malas
§  Siswa dapat menunjukkan contoh perbuatan malas melalui kerja berpasangan
5.    MATERI POKOK
§  Arti sifat malas
§  Kisah masa kecil Nabi Muhammad SAW
§  Cara menghindari perbuatan malas
6.    PROSES PEMBELAJARAN
Pembukaan
§  Guru membuka pelajaran dengan mengucap salam kepada para siswa dan menyapa mereka penuh kehangatan.
§  Guru bertanya kepada peserta didik tentang kondisi siswa pada pagi hari ini apakah baik-baik saja atau ada yang sedang tidak enak badan.
§   Guru mengajak bermain tepuk untuk mencairkan suasana agar lebih semangat.
§  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
Kegiatan Inti
§  Siswa membaca literatur tentang kalimat thayyibah tasbih (fase eksplorasi)
§  Bertanya jawab tentang kalimat thayyibah tasbih, (fase eksplorasi)
§  Siswa diminta berdiskusi :  menyebutkan kalimat thayyibah tasbih (fase elaborasi)
§  Siswa memaparkan hasil diskusinya (faseelaborasi)
§  Siswa dan guru merefleksikan hasil pembelajaran (fase konfirmasi)
Penutup
§  Peserta didik dengan bantuan guru diajak untuk membuat kesimpulan berkaitan dengan materi kalimat thayyibah tasbih
§  Guru bersama siswa menutup proses pembelajaran dengan mengucap  hamdalah bersama.

7.    PENILAIAN
Pedoman Penilaian: Setiap jawaban betul mendapatkan skor 20. Jadi jika semua soal bisa dikerjakan dengan benar maka poin yang diperoleh sebanyak 100. Siswa diminta berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran tersebut. Siswa yang berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran mendapat nilai sesuai dengan perannya.
Kolom keaktifan siswa dalam pembelajaran.
No
Nama Siswa
Sangat Aktif
Cukup Aktif
Tidak Aktif
1




2




3




4




5




dst





Rubrik penilaian:
1.    Siswa yang sangat aktif mendapat nilai 90.
2.    Siswa yang cukup aktif mendapat nilai 80.
3.    Siswa yang sangat tidak aktif mendapat nilai 70.
Keterangan:
1.    Nilai 90 jika selama proses pembelajaran selalu menyampaikan pendapat. Hal ini ditandai dengan selalu mengangkat tangan untuk menjawabnya.
2.    Nilai 80 jika selama proses pembelajaran kadang-kadang menyampaikan pendapat. Hal ini ditandai dengan terkadang ia mengangkat tangan untuk menjawab atau merespon pertanyaan atau pernyataan dari guru.
3.    Nilai 70 jika selama proses pembelajaran dia tidak aktif bertanya maupun mengajukan jawaban.
8.    PENGAYAAN
Bagi peserta didik yang sudah menguasai materi pembelajaran, diminta untuk mengerjakan materi pengayaan yang sudah disiapkan oleh guru. (Guru mencatat dan memberikan tambahan nilai bagi peserta didik yang berhasil dalam pengayaan).
9.    REMEDIAL
Bagi peserta didik yang belum mencapai ketuntasan belajar, guru sebaiknya mengidentifikasi tujuan pembelajaran belum dikuasai oleh peserta didik. Berdasar identifikasi itu, guru menyampaikan pembelajaran ulang yang sudah fokus pada materi yang dianggap sulit oleh peserta didik. Pelaksanaan remedial dilakukan pada hari dan waktu tertentu yang sesuai dengan keadaan, contoh: pada saat jam belajar (apabila masih ada waktu), diluar jam pembelajaran (30 menit setelah jam belajar selesai).
10   INTERAKSI GURU DENGAN ORANGTUA
Bagi peserta didik yang belum mencapai ketuntasan belajar, guru sebaiknya mengidentifikasi tujuan pembelajaran belum dikuasai oleh peserta didik. Berdasar identifikasi itu, guru menyampaikan pembelajaran ulang yang sudah fokus pada materi yang dianggap sulit oleh peserta didik. Pelaksanaan remedial dilakukan pada hari dan waktu tertentu yang sesuai dengan keadaan, contoh: pada saat jam belajar (apabila masih ada waktu), diluar jam pembelajaran (30 menit setelah jam belajar selesai).


Mengetahui,
Kepala Madrasah





Dian Utomo, S.HI
NIP.

Semarang, 04 Desember 2015
Guru





 Hadi Marsono, S.Pd.I
 NIP.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar